"adisamitha.blogspot.com"

"adisamitha.blogspot.com"

Senin, 26 Desember 2011

Pengamatan Di MONAS Jakarta

MONAS atau Monumen Nasional merupakan icon Jakarta yang letaknya di pusat kota Jakarta, menjadi tempat wisata menarik dan pusat pendidikan bagi orang-orang yang berkunjung kesana. Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959 dan diremiskan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961. Sehingga dapat kita hitung bahwa MONAS telah berdiri megah selama 50 tahun, terhitung sampai saat ini (tahun 2011).
MONAS dibangun setinggi 132 meter dari permukaan tanah, dan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  • Lidah Api, yaitu terletak di bagian puncak MONAS yang tingginya 17 m dan diameter 6 m. Lidah api ini terbuat dari bahan perunggu seberat 14,5 ton atau setara dengan 14.500 kg dan dilapisi dengan emas seberat 45 kg. Hal ini berarti total berat dari lidah api adalah 14.545 kg.
  •  Pelataran Puncak, berbentuk persegi dengan sisi 11 m sehingga luas pelataran puncak ini adalah 121 m². Untuk mencapai bagian ini, pengunjung telah disediakan lift dengan menempuh waktu selama 3 menit. Selain itu juga telah disediakan tangga darurat di sekeliling lift, namun tentu saja itu memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pelataran Bawah, berbentuk persegi dengan sisi 45 m sehingga memiliki luas 2025 m². Tinggi dasar MONAS ke bagian ini adalah 17 m yang mana setara dengan tinggi lidah api.
  •  Museum Sejarah Perjuangan Nasional, yaitu sebuah ruangan yang terletak di bawah MONAS yang berbetuk persegi dengan sisi 80 m atau dengan kata lain memiliki luas 640.000 m². Bangunan ini memiliki tinggi 8 m yang mana hal ini sudah lebih dari cukup untuk orang-orang yang berkunjung kesana dengan rata-rata tinggi 2 m.

Pembelajaran matematika yang dapat diambil dari kunjungan ini adalah kita dapat mempraktekkan secara langsung teori luas suatu bangunan tertentu yang dalam hal ini adalah kita dapat menghitung ukuran tiap bagian dari MONAS sehingga dapat diperoleh luas dari bagian tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar