"adisamitha.blogspot.com"

"adisamitha.blogspot.com"

Senin, 26 Desember 2011

Pengamatan Di Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak 17 km arah Timur Yogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan memiliki tinggi 47 m dari permukaan tanah. Disana terdapat banyak Candi dengan Candi yang utama yaitu Candi Siwa (tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara). Di depannya terletak Candi Wahana (kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti, diantaranya Candi Angkasa adalah kendaraan Brahma (Dewa Pencipta), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Dewa Pelebur) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pemelihara).

Keenam Candi itu merupakan 2 kelompok yang saling berhadapan, terletak pada sebuah halaman berbentuk bujur sangkar, dengan sisi sepanjang 110 m.

Di dalam halaman masih berdiri candi-candi lain, yaitu 2 buah candi pengapit dengan ketinggian 16 m yang saling berhadapan, yang sebuah berdiri di sebelah utara dan yang lain berdiri di sebelah selatan, 4 buah candi kelir dan 4 buah candi sedut.

Halaman dalam yang dianggap masyarakat Hindu sebagai halaman paling sakral ini, terletak di tengah halaman tengah yang mempunyai sisi 222 m, dan pada mulanya berisi candi-candi perwara sebanyak 224 buah berderet-deret mengelilingi halaman dalam 3 baris.

Berikut adalah sketsa Candi Prambanan secara keseluruhan.

Pembelajaran Matematika dari kunjungan ke Candi Prambanan adalah Candi ini telah lama dibangun yakni pada abad ke-9 dengan bahan dan perlengkapan yang sangat sederhana pada masa itu. Namun, sampai saat ini bangunan tersebut masih tetap kokoh. Hal ini disebabkan karena relief Candi tersebut sangat terstruktur, baik dari segi kemiringan bangunan, penempatan sudut, jarak antar Candi dan sebagainya diperhitungkan secara detail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar