"adisamitha.blogspot.com"

"adisamitha.blogspot.com"

Kamis, 24 November 2011

Metode Ceramah

Ceramah adalah suatu cara penyampaian memberi informasi secara lisan kepada sejumlah pendengar di dalam ruangan dimana pendengar nelakukan pencatatan seperlunya. Pada metode ini yang banyak bicara adalah pembicara. Interaksi terjadi hanya antara penceramah dan pendengar. Komunikasi pada umumnya hanya satu arah, dari pembicara ke pendengar. Bila yang bicara itu dosen dan pendengarnya mahasiswa, metode ceramah ini disebut pula metode kuliah.


Ceramah adalah metode mengajar yang pada masa kini dan masa lampau banyak dipergunakan, terutama pada bidang non eksakta. Mungkin karena dianggap paling praktis, mungkin karena metode-metode lain belum banyak dikenal.

Langkah-langkah yang dapat mempertinggi hasil metode ceramah :
a. Rumuskan tujuan khusus yang hendak dipelajari oleh pembelajar.
b. Setelah menetapkan tujuan, hendaklah diselidiki apakah metode ceramah benar-benar merupakan metode yang sangat pada tempatnya.
c. Susuanan bahan ceramah yang benar-benar perlu diceramahkan.
d. Pengertian yang dapat dijelaskan dengan alat atau dengan uraian yang tertentu harus ditetapkan sebelumnya.
e. Tangkaplah perhatian siswa dan arahkan pada pokok yang akan diceramahkan.
f. Kemudian usahakan menanam pengertian yang jelas. Hal ini biasa dilaksanakan dengan melalui beberapa jalan misalnya : Pertama, pengajar memberikan ikhtisar ringkas mengenai pokok-pokok yang akan diuraikan. Kedua, pengajar menguraikan pokok tersebut dan akhirnya menyimpulakan pokok-pokok penting dalam pembicaraan itu.
g. Adakan rencana penilaian. Teknik evaluasi yang wajar digunakan untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan-tujuan khusus itu perlu ditetapkan.

Batas batas kemungkinan metode ceramah, antara lain :
1. Pengajar tidak dapat mengetahui sampai di mana murid telah mengerti (memahami) yang telah dibicarakan.
2. Pada pembelajar dapat terbentuk konsep yang lain dari pada kata-kata yang dimaksudkan oleh pengajar tersebut.

Adapun keunggulan metode ceramah adalah:
1. Praktis dari sisi persiapan dan media yang digunakan
2. Efisien dari sisi waktu dan biaya
3. Dapat menyampaikan materi yang banyak
4. Mendorong Guru menguasai materi
5. Lebih mudah mengontrol kelas
6. Siswa tidak perlu persiapan
7. Siswa dapat langsung menerima ilmu pengetahuan.

Sedangkan kelemahan metode ceramah adalah sebagai berikut:
a. Membuat siswa pasif
b. Mengandung unsur paksaan kepada siswa
c. Mengandung daya kritis siswa
d. Guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik pada ceramahnya, ini sukar sekali di terima
e. Anak didik yang lebih tanggap dari sisi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tangap auditifnya dapat lebih besar menerimanya
f. Sukar mengontrol sejauh mana pemerolehan belajar anak didik
g. Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata)
h. Bila terlalu lama membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar