"adisamitha.blogspot.com"

"adisamitha.blogspot.com"

Senin, 26 Desember 2011

Pengamatan Di Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu terletak di daerah Lembang atau di utara Kota Bandung sejauh kurang lebih 30 km. Untuk mengunjungi tempat yang indah ini, ita hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Tempat wisata ini memiliki lingkungan alamnya yang sejuk dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya. Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung berapi. Tidak seperti gunung-gunung berapi pada umumnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai bentuk yang unik dengan puncaknya yang datar serta memanjang seperti perahu terbalik. Hamparan hijaunya perkebunan teh menjadi salah satu pemandangan yang sangat menarik bagi para wisatawan. Para pengunjung juga bisa menikmati suasana Kota Bandung dari ketinggian dengan dibalut udaranya yang sejuk.

Objek wisata alam ini juga terdapat sepuluh kawah yang jaraknya berdekatan. Namun yang sering dijelajahi oleh para pengunjung sebanyak tiga kawah yaitu; Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Di Kawah Domas, wisatawan bisa memanfaatkan sumber air panas yang mengandung belerang untuk membasuh badan. Konon kandungan belerang ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Objek wisata Tangkuban Perahu memang menjadi salah satu andalan pendapatan daerah setempat. Dengan harga tiket masuk Rp. 8.000 / orang dengan rata-rata jumlah pengunjung mencapai 500 orang setidaknya mampu meraup pendapatan sekitar Rp. 4 juta / hari di luar pemasukan dari biaya masuk untuk kendaraan pribadi maupun bus wisata. Ditambah lagi dengan pendapatan yang diperoleh secara tidak langsung dari transaksi jual beli makanan maupun cindera mata yang ada di sekitar lokasi itu, yang tentunya juga ikut menyumbang dalam jumlah yang tidak sedikit bagi kas pendapatan daerah.



Pembelajaran Matematika yang dapat diambil dari kunjungan ke Tangkuban Perahu Bandung adalah tempat yang indah ini merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga dengan demikian menjadi salah satu pendapatan daerah setempat. Dengan pengelolaannya dan perhitungan biaya tiket masuk maupun yang lainnya yang sangat baik menjadikan tempat pariwisata ini sumber pendapatan daerah yang lumayan tinggi yakni sekitar Rp. 4 jt / hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar